http://images.detik.com/content/2014/03/20/317/adalam.jpg
Galaxy S5 dilengkapi sertifikasi IP67, artinya ia dirancang tahan air dan tahan debu sampai kondisi tertentu. Namun pihak Samsung mewanti-wanti agar pengguna Galaxy S5 tidak sembarangan memasukkannya dalam air, misalnya saja diajak berenang.

"Galaxy S5 ini bukan waterproof (kedap air), tetapi water resistant (tahan air). Jadi lebih ditujukan untuk kehidupan sehari-hari, misalnya terkena cipratan hujan," terang Febri Rusli, Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Waterproof kurang lebih berarti ponsel akan tetap bertahan hidup meski dimasukkan ke air dalam kurun waktu dan kedalaman tertentu. Sedangkan water resistant diartikan perangkat bisa bertahan tanpa kerusakan saat terkena cipratan air.

Febri menyatakan sebaiknya Galaxy S5 tidak diajak masuk ke dalam air, misalnya untuk berenang. Pihak Samsung menilai sangat sedikit orang yang mau memakai ponsel saat berenang. Jadi pengguna sebenarnya tidak terlalu membutuhkan kapabilitas tersebut.

Kendati demikian, ketika dicoba dimasukkan ke dalam air, Galaxy S5 mampu bertahan hidup dan bisa dipakai kembali. Namun pernyataan Febri mengindikasikan penerus Galaxy S4 tersebut tidak ditujukan untuk direndam dalam waktu lama.

Sertifikasi IP67 memang mensyaratkan sebuah perangkat bisa bertahan di kedalaman air 1 meter selama 30 menit. Bodi Galaxy S5 pun dilengkapi sejumlah perlindungan dari air, seperti cover pada slot USB.
 

Comments (0)