Konsol game keluaran Sony, PlayStation 4, sudah hadir sejak Jumat lalu. Adapun Xbox One yang akan meluncur seminggu setelahnya. Kedua konsol gameterbaru ini dianggap lebih sempurna daripada seri sebelumnya.
Baik Sony maupun Microsoft melakukan sejumlah perubahan pada konsol terbarunya. Situs GameSpot pada Senin, 18 November 2013, menuliskan bahwa perubahan juga terjadi pada inti mesin konsol-konsol tersebut.

Misalnya, PS4 dan Xbox One menggunakan CPU dengan jenis yang sama, yaitu AMD Jaguar. Bedanya, PS3 menggunakan CPU IBM dan Xbox 360 dengan Custom Power PC. Meski demikian, dengan frekuensi 1.75 GHz, Xbox One lebih cepat daripada PS4 berkecepatan 1.6 GHz.

Kedua konsol baru ini sudah menggunakan
 Digital Video Recorder (DVR), fitur yang tidak ditemukan pada PS3 dan Xbox 360. Selain itu, Xbox One--sama seperti PS3 dan PS4--kini menggunakan optical drive dengan fitur DVD Blue Ray. Ini tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya, Xbox 360.

Xbox One dan PS4 memiliki RAM yang sama besar, yakni 8 GB. Ini jauh lebih besar dari RAM generasi terdahulu, konsol Microsoft yang hanya 512 MG dan PS3 yang hanya 256 MB. Kapasitas penyimpanan PS4 dan Xbox One sejajar pun sama, 500 GB

Jika konsol buatan Sony, PS3 dan PS4, memiliki fitur Bluetooth, Microsoft melengkapi Xbox dengan Wi-Fi. Bahkan pada Xbox One akan ada fitur Wi-Fi Direct.


Bagi yang suka bermain game multiplayer, Xbox One menawarkan jumlah pemain paling banyak, yaitu delapan orang, dan PS3 sebanyak tujuh orang. Sebaliknya, PS4 justru mengurangi jumlah pemain menjadi empat orang dan membuatnya setara dengan generasi terdahulu, Xbox 360.

Comments (0)